Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






23/11/08

4 Langkah Agar Pengunjung Mau Berkomentar Di Situs Anda

Oleh: M Miftahul Arifin Hasan

Kenapa saya membahas tentang tema ini..? Karena anda pasti tahu bahwa setiap waktu pasti ada saja situs yang baru muncul di muka bumi ini alias baru lahir.. (He.he.. Kayak Orang aja.. Baru lahir and Nangis Oe’..Oe’..)

Namun.. Setelah muncul, tidak sedikit pula yang kemudian mati suri alias tidak terurus lagi..

Apa sich penyebabnya..? Menurut saya mungkin penyebab utamanya adalah karena sepinya pengunjung yang mau berkomentar atau minimal mau berinteraksi dengan kita, padahal diantara salah satu keunggulan situs adalah kuatnya interaksi pemilik situs dengan pengunjung. Pengunjung bisa langsung bertegur sapa. Sang pengelola situs pun bisa melayani pertanyaan atas komentar pengunjung.

Mungkin apabila anda sedang jalan-jalan di dunia maya, anda mungkin akan bertanya kenapa ada situs yang ramai dikomentari, kita bisa ambil contoh seperti blog milik kang Rohman, Fatih Syuhud, atau situs-situs terkenal lainnya.. namun kenapa ada juga situs yang sangat sepi? Bahkan, mungkin anda juga menemukan pengunjung yang rela berkali-kali berkomentar di sebuah situs. Kenapa bisa begitu ya..?

Baik… Mari kita bahas bersama..

Sebelum kita melangkah pada intinya, saya ingin bertanya kepada anda.. Apakah situs anda mempunyai traffic atau pengunjung yang tinggi..? Kenapa saya bertanya seperti itu..!? Karena semakin ramai traffic situs anda, semakin banyak yang akan berkomentar di situs anda.. Faham kan..!!?

Mungkin sebagian kalangan ada yang mengatakan bahwa tingkat traffic itu tergantung dari situs, posting dan desain web kita.. Kalau bagus, pasti banyak orang yang akan berkomentar.

Pemahaman seperti itu mungkin ada benarnya.. Namun bagi anda yang mungkin masih ada yang pemula (seperti saya..) jangan khawatir, karena hal itu tidak seratus persen terbukti.. Masa’ iya..? Oke.. Karena saya atau mungkin anda pernah menemukan situs yang isinya bagus tapi mempunyai sedikit pengunjung..

Trus.. Kenapa bisa begitu..?

Ya.. Karena menurut saya penyebab utamanya adalah sang pengelola kurang maksimal memasarkan situs yang mereka miliki.. Maka anda perlu ingat bahwa selain menulis artikel yang bermutu, jangan sampai dilupakan untuk memasarkannya, karena hanya buang-buang waktu saja kalau kita punya situs yang berkualitas tapi tidak ada orang yang tahu..! Iya kaan..?

Trus bagaiman cara memasarkan situs..? Hal itu akan saya bahas lebih lanjut pada pembahasan berikutnya.. Sekarang kita kembali pada pembahasan utama kita kali ini.. “Bagaimana caranya agar pengunjung mau berkomentar di situs anda” di sini saya bagi menjadi empat langkah saja.. (Biar gak banyak-banyak.. Ntar puyeng..).

Baik.. Apa saja langkah yang bisa anda lakukan?

Jalin Persahabat dengan Situs/Blogger lain.

Jadikan para blogger sebagai saudara anda.. Tulis artikel yang membahas situs lain yang menurut anda mempunyai rank atau traffic tinggi dan bagus isinya.. Karena mungkin saja anda ketularan traffic situs tersebut sehingga komentar di situs anda mulai bermunculan.. Begitu juga dengan pemilik situs yang anda tulis juga akan senang dengan tulisan anda. Hubungan mesra antar situsger/blogger bisa dimulai dengan cara seperti ini.. sekali lagi.. ingat.. Jadikan para blogger sebagai saudara anda.. Karena bukan tidak mungkin mereka juga merekomendasikan situs anda.. Perlu di ingat juga.. Menurut guru saya di dunia maya Bapak Joko Susilo sebaiknya situs yang anda tulis memiliki kesamaan topik dengan situs anda. Sehingga bisa dipastikan target pembacanya juga sama. (Ayo siapa tertarik nulis tentang situs ini..? He.he..)

Sertakan Sebuah Pertanyaan dalam Artikel Anda.

Untuk memancing respons pengunjung, sebaiknya tulislah sebuah pertanyaan yang bersifat discussial pada akhir artikel yang anda posting.. Bertanyalah pada pengunjung yang membaca.. Misalnya “Anda punya ide lain?” atau “Apakah anda setuju dengan ini..?” Saya pastikan 90 persen pertanyaan anda akan memancing minat pembaca untuk memberi komentar..

Awali Artikel Anda Dengan Informasi Terbaru.

Kanapa begitu? Karena hal tersebut akan membuat pengunjung tertarik untuk membacanya.. Cobalah ceritakan hal yang sedang hangat diperbincangkan.. Anda bisa saja memberitakan informasi terbaru di dunia internet atau mungkin yang sedang terjadi di negara kita seperti perkembangan situasi politik atau ekonomi, atau gosip artis pun juga bisa dipakai guna untuk menarik perhatian pengunjung..

Posting Artikel yang Kontroversial.

Sorry.. Saya sarankan janga menulis hal-hal kontroversial yang berbau SARA, karena hal tersebut hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi blogger yang merasa bersangkutan..

Yang saya maksudkan di sini adalah hal terkini yang mungkin sedang diperdebatkan.. Bisa seperti kenaikan harga BBM, Isu pemilu di negara kita..

Kenapa begitu..? karena dengan hal seperti itu akan menarik pembaca untuk ikut terlibat dalam pembahasan.. Tidak masalah apakah nantinya pembaca setuju atau tidak dengan pendapat anda.. Pastinya, pembaca akan mengisi kolom komentar untuk mengutarakan pendapatnya..

Okey.. Bagaimana dengan langkah-langkah di atas..? (Bertanya sekaligus nyoba langkah di atas untuk memancing anda berkomentar.. He.he.. Sorry.. Always Kidding..)

Terakhir dari saya.. Dalam menjalankan langkah-langkah di atas terkadang kita perlu sedikit bersabar menunggu datangnya komentar pertama..

Bagaimana? Mudah kan? Yang penting bagaimana kata-kata anda mampu menarik pembaca untuk juga ikut membahasnya.. Jagalah perhatian dan pikiran pembaca serta buatlah pembaca tergerak untuk memberikan komentar.

Apakah Anda siap menjalankannya..?

12 komentar:

  1. Wuiih.. good arthicle.. makasih infonya mas..
    emang benner.. kita harus bisa memancing pengunjung tuk berkomentar..

    BalasHapus
  2. Kagum.malem-malem gini.jalan-jalan eh malh dapat trik-trik penting. thak's y broo. gue bakalan coba langkah-langkahnya

    BalasHapus
  3. Yup! Sukses.. Saya coba ya bang!

    BalasHapus
  4. Thanks infonya. Tinggal bikin artikel yang berkualitas nih supaya ada yang mau koment:).

    BalasHapus
  5. Makasih infonya bang..

    BalasHapus
  6. siap mas! saya laksanakan. seperti kata Pheonix kalau kita tinggal bikin artikelnya biar ada comment.
    Good Luck!

    BalasHapus
  7. two thumbs up for u

    BalasHapus
  8. betul betul mas...oiy 1 lg jangan lupa kasih komen jg ke postingan sahabat blogger lainnya sbg bentuk apreciate kt pd karyanya ... pasti dijamin nanti sahabat kt juga akan kasih komen balik sbg bentuk terima kasihnya ...walau kadang ada juga sih yg "pelit" hehehe...tp setdknya kt dah mulai duluan utk ga pelit komen

    BalasHapus
  9. bener nee, kayanya naza udah mencoba melakukan metode,yang diajarkan bapak guru,menjalin persahabatan,menyertakan pertanyaan,posting artikel yang kontroversi. yang belum artikel terbaru. dan rasanya naza juga melakukan satu lagi yang nggak tertulis disini tetapi jadi topiknya, yaitu membiasakan diri untuk berkomentar di blog teman seperti yang naza lakukan sekarang,jangan hanya say hallo aja dari buku tamu.karena sekarang jamannya u comment i follow, tapi naza lebih suka komen duluan karena naza masih junior,dan takut dibilang sukanya hanya mancing cari perhatian, dan komentar setelah dicontohin.kan menjalin persahabatan itu termasuk membaca dan mengomentari. karena itu tanda kita memperhatikan. nggak hanya minta diperhatikan. nggak adil tho. dan karena om udah posting beginian dan naza kadung komentar, kalo komen naza ini om anggap benar naza tunggu komentarnya..... semoga sukses...merdekaaaaa...

    BalasHapus
  10. Salut Postingan Nya mAS...

    Sekarang mari kita budayakaN komen setiAp kita mengunjungi Rekan Blog kita. setuju?

    BalasHapus
  11. Yuppy.. Apa yg naza bilang tuh benar.. kita harus saling berbagi.. kalau kita pengan dihargai.. hargai dulu orang lain.. ya kaan..

    BalasHapus
  12. Hehe. . Pas bgt neh, kebetulan saya juga lg nyari info kyk gini.
    Krn kdng komentar dari pengunjung/blogger lain, bisa menjadi motivasi utk menulis artikel yg lbh menarik dan tentunya sangat bermanfaat.

    Thank's gan infonya, nanti saya coba praktekkan^^

    BalasHapus