Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






22/11/08

6 Langkah Menjadikan Situs Anda Cepat Terkenal

By: M Miftahul Arifin HS

Seberapa Besar Ilmu anda, selagi anda masih menjadikannya sesuatu yang berarti dalam kehidupan anda dan menerapkannya ke dalam dunia nyata, maka dipastikan ilmu anda akan terus berkembang yang manfaatnya tidak hanya buat diri anda saja, melainkan untuk orang lain juga..
Nah! Seberapa besar pengetahuan anda tentang cara mengelola sebuah situs, anda harus bersikap optimis dengan menuangkan pengetahuan dan ide anda untuk menjadikan diri anda sebagai seorang Netter yang handal..
Oke.. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa para Netter itu selalu mencari dan melirik hal-hal yang terbaik, karena kita semua tau bahwa semua orang pasti ingin memiliki hal-hal yang terbaik dengan artian bahwa semua petualang dunia maya pasti mencari dan mengambil pengetahuan yang paling bagus mutunya dengan mengunjungi situs-situs yang paling ramai tentunya..
Ingat! Standarisasi sebuah situs yang berhasil dan terkenal adalah situs yang paling ramai pengunjungnya.. Dan bagaimana cara menjadikan situs anda sebagai salah satu situs terkenal yang paling ramai pengunjungnya, hanya ada satu jawaban. Yaitu, jadilah Netter Yang Handal!
Bagaimana? Anda siap menjadi Netter Handal..?
“Ya siaplah..!! Masa’ ya siap dong..!” He.he.he.. (Sorry Just Kidding..! Biar g’ monoton)
Baik, mari kita cermati enam langkah di bawah ini meski mungkin masih banyak cara atau langkah-langkah lainnya, namun saya pikir ini adalah yang paling mendasar..

1. Utamakan Profesionalitas Anda
Apapun alasan anda, profesionalisme jadi suatu kewajiban yang harus anda penuhi untuk menjadikan situs anda terkenal. Meski anda hanya sekedar santai duduk di depan komputer dan hanya menggunakan waktu 2 jam perharinya untuk melihat perkembangan dan menyapa pengunjung situs anda, namun anda tetap harus berjuang dengan konsisten dan profesional.. Ingat, hanya mereka yang berjuang keras saja yang kemudian akan menuai hasil besar.. (Ga’ ada orang yang menanam rumput kemudian tumbuh padi.. Ya kaan..!!?)

2. Ciptakan Ide Baru
Normalnya, dalam hitungan jam manusia mampu menemukan lebih dari 10 ide. Dengan gambaran ide yang diwarnai latar belakang pemikiran seseorang… Kemudian yang saya tanyakan adalah apa ide anda? Mungkin bagi anda yang mempunyai latar belakang psikolog bisa menemukan ide untuk membuat situs “pelayanan konsultasi psikologi” atau “psikiater online”, bagi anda yang mempunyai kemampuan berbahasa asing bisa menemukan ide untuk merancang situs “bimbingan bahasa online”, dan lain sebagainya..
Setelah itu, anda tuangkan ide anda dalam situs anda, yang penting isi dari situs anda berguna dan sangat bernilai di mata pengunjung situs anda..

3. Manjakan Pengunjung dengan Sesuatu yang Gratisan
Oke.. Dalam sesi ini anda harus benar-benar mempraktekannya, karena hasil survei membuktikan bahwa hamper seratus persen situs terkenal selalu memanjakan pengunjungya…
Anda pasti tanya kan..? “bagaimana sih caranya memanjakan pengunjung..?”
Begini..
Kita semua tau bahwa yang paling enak tuh yang gratisan.. Pasti kalau lagi browsing, diantara fokus pencarian anda adalah hal yang gratisan kan..? Ya kaan? Ngaku deeh.. Saya juga gitu ko’.. he.he.he..
Terus apa maksudnya..? Nah..! Karena itu, manjakan pengunjung situs anda dengan hal gratisan dari anda.. Anda bisa memakai produk gratisan dari situs lain dengan meletakkan URLnya di situs anda atau mungkin anda bisa buat “eBook, CD Virtual, Video, Seminar online” atau apa saja yang penting gratisan.. Tapi ingat.. Sekalipun gratisan harus tetap berguna dan bernilai di mata pengunjung..
Anda tinggal memberitahukan kepada pengunjung bahwa mereka bisa mendapatkan, mendownload, mengopy atau apa saja dari situs anda.. bagaiaman cara memberitahu pengunjung bahwa ada yang gratisan? Ya anda bisa pasang kata-kata seperti yang ada bawah logo situs saya ini, atau anda bisa meletakkan URL di kolom widget dengan judul “Gratis Download lagu, Video, Software” atau apa aja kata-katanya yang penting bisa membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di situs anda..

4. Buat Nama Yang Unik Untuk Situs Web Anda
Banyak orang yang menamai situs mereka dengan nama yang disukainya.. Perlu diingat.. Di sini saya membahas bagaimana cara menjadikan situs anda terkenal dan banyak dikunjungi.. Maka carilah sebuah nama yang cocok dengan pencarian dan kebutuhan pengunjung serta cocok dengan target situs anda.. Buatlah orang untuk tertarik mengunjungi situs anda saat melihat alamat/nama situs anda.. kanapa bisa seperti itu..? Karena dengan nama yang unik, para netter akan melirik kemudian pnasaran dengan isi situs anda... Misalnya kalau situs anda berisi pembahasan seputar bisnis online anda bisa memberi nama “www.kiatbisnisonline.com” atau “www.bisnisonlinekita.com” atau nama apa saja yang berhubungan dengan bisnis online, untuk lebih mudahnya anda bisa search google dengan kalimat “bisnisonline”, kemudian cari kalimat yang popular di situs-situs bisnisonline yang terpampang di google, maka dari sana anda bisa mendapatkan pandangan untuk memberi nama situs anda..

5. Buat Buku Tamu/Shoutbox di Situs Anda
Dengan buku tamu atau Shoutbox berarti anda bisa berinteraksi langsung dengan pengunjung situs anda.. dan bisa menjadi wahana interaksi antara satu pengunjung dengan pengunjung lainnya.. Buatlah suasana kekeluargaan seakrab mungkin di situs anda sehingga menjadikan pengunjung betah berada di situs anda dan kembali mengunjunginya di lain waktu.. Untuk membuat shotbox, anda bisa klik di sini..

6. Iklankan Situs Anda
Setelah melewati langkah-langkah di atas.. Kemudian iklankan situs anda baik melalui situs-situs penyedia layanan iklan baris dengan mendiskripsikan isi situs anda, atau situs tukar link dan banner yang menyediakan layanan saling tukar banner yang kemudian anda bisa meletakkan link atau banner situs anda di sana dengan gratis, misalnya anda bisa mengunjungi situs tukaranbanner.42y.biz milik saya (Sssst.. Sekalian Promosi dikit.. He.he.he..), atau anda bisa mengikuti forum-forum diskusi online seperti di yahoo group, lintasberita.com atau forum-forum lainnya yang tidak mungkin bisa saya sebutkan satu persatu, Anda bisa meletakkan artikel yang mendiskripsikan isi situs anda dan kemudian membuat member-member forum tersebut tertarik mengunjungi situs anda..

Baik.. Jangan ragu-ragu lagi untuk memulai..!! Anda cuma perlu enam langkah dasar di atas untuk bisa menjadikan situs anda sebagai situs terkenal yang ramai dengan pengunjung.. Selanjutnya, masih dari depan komputer anda, anda bisa monitoring perkembangan situs anda..
Dan yang terkahir dari saya, sangat mungkin anda bisa menjadikannya sebagai mesin uang anda.. Bagaimana caranya..? Tunggu pembahasan dalam tema “Jadikan Situs Anda Sebagai Mesin Penghasil Uang” pada episode berikutnya..

Oke.. Selamat Mengambil Tindakan..!!

3 komentar: