Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






30/11/08

Bagaimana Menjadikan Blog Yang Inovatif?

Oleh: M Miftahul Arifin Hasan

Sudahkah anda puas dengan keadaan blog anda..? Bagaimana dengan trafficnya..? Apakah anda merasa harapan di saat pertama kali blog anda dibuat belum tercapai..? Rasanya semua cara sudah dilakukan, tapi keadaan blog masih begitu-begitu saja.. Traffic tidak kunjung meningkat..
Atau..
Mungkin saja ada yang mengeluh seperti ini: “Rasanya saya sudah memaksimalkan kemampuan saya, tapi kok blog saya masih sepi-sepi saja yaa… ”
Oke.. Anda tidak perlu khawatir karena selagi anda terbuka untuk terus mencoba, pasti akan ada jawaban untuk mengatasinya.. Jangan biarkan hanya karena halangan kecil membuat anda menyerah begitu saja.. Seorang blogger sejati tak pernah mundur sekalipun badai dahsyat menerjang..!


Menurut saya mungkin apabila anda sedang berada dalam posisi seperti itu ada baiknya anda melakukan inovasi terhadap blog anda, dengan tujuan agar pengunjung tidak bosan dengan keadaan blog anda saat ini.
Sebagai pemilik blog, coba tanyakan pada diri sendiri, Apakah blog saya sudah cukup menarik untuk membuat pengunjung singgah sejenak untuk melihat serta berkomentar akan isinya..? Kalau belum, kira-kira apa yang kurang..? Isinya, desainnya, atau mungkin promosinya? Lalu apa yang harus saya lakukan?
Baik.. Simpan dulu jawaban anda. Mungkin saya bisa membantu anda dengan penjelasan di banwah ini..

Setelah saya meneliti selama beberapa hari ini tentang bagaimana cara mengembangkan blog yang kita miliki dengan berkunjung ke berbagai blog atau situs yang memuat berbagai macam informasi, banyak saya temui blog yang content-nya biasa-biasa saja namun pengunjungnya luar biasa membludak, Sebaliknya tidak jarang saya berkunjung ke sebuah blog yang isinya luar biasa bagus namun sayang tak banyak yang tertarik untuk singgah.. Terus apanya yang salah..?
Saya coba bandingkan antara keduanya, sebetulnya secara prinsip, blogging mereka tidak terdapat perbedaan yang mencolok, tapi ada satu hal yang kemudian membuat saya menemukan kesimpulan..
INOVASI..! Ya..Inovasi..

Ternyata kesuksesan sebuah blog bukan cuma ditentukan oleh isi yang segar dan bermanfaat, desain yang indah, atau sekedar melakukan promosi dengan berbagai macam cara, namun justru inovasi blog-lah yang menjadi pilar penting kesuksesan sebuah blog..
Bicara tentang inovasi blog, tentu bukan hanya yang selalu tampak “wah” atau memakai teknik paling mutakhir.. Tapi ada beberapa kemungkinan lain yang bisa membantu anda untuk inovasi blog, mungkin dengan mencoba langkah-langkah kecil seperti yang di bawah ini, apa saja yang butuh inovasi? Mari kita bahas bersama..

Topik Blog
Mungkin saja anda merasa topik blog anda masih sangat umum dengan artian topiknya juga banyak dimiliki blog-blog lain, terus kenapa tidak coba anda kembangkan jadi lebih spesifik lagi..? Contohnya kalau selama ini kategori blog anda hanya seputar musik, bisa anda coba tambahkan kategori untuk jenis blog yang lebih spesifik seperti Musik Tanah Air, Musik Barat, Musik Padang Pasir, Musik Mandarin, dan lain-lain. Boleh juga topiknya anda tambah dengan hobi atau kesukaan anda. Atau anda menggabungkan dua topik yang berbeda misal antara Musik Tanah Air dan Gosip Selebriti.. Dengan begitu, kemungkinan traffic blog anda juga bisa lebih besar karena blog anda tidak hanya untuk yang berminat dengan musik saja, tapi juga yang suka dengan informasi seputar selebriti.. Dan anda pun bisa sesekali posting yang berhubungan dengan kedua topik tersebut.. Umpamanya “Dhani Ahmad Meluncurkan Album Terbaru Tanpa Didampingi Maya” atau sebaliknya “Disaat Rumah Tangga Sedang Bermasalah, Dhani Ahmad Launching Album Terbarunya”.

Kolaborasi Blogger
Tidak ada salahnya jika anda cari blogger yang mau kerjasama dengan anda untuk saling mengisi content blog masing-masing.. Maksudnya, anda ikut mengisi di blognya, dan dia juga mengisi blog anda. Dengan kerjasama ini, pembaca blognya sangat mungkin untuk menjenguk blog anda. Variasi lainnya bahkan anda bisa undang seluruh pembaca blog anda untuk menulis di blog anda. Anda bisa terapkan sistem seleksi dengan iming-iming hadiah seperti lagu atau ebook.. Ayoo..Siapa yang mau berkolaborasi dengan blog ini..? (He.he.. Sekalian promosi gitu loch..)

Koneksi Blogging
Kalau Anda punya lebih dari satu blog? Koneksikan saja antar blog, biar pengunjung tahu kalau anda punya blog lain dan tertarik juga mendatanginya.. Ini akan memperkuat jaringan blog yang anda punya, serta membuat nama anda makin berkibar di blogosfer..

Forum
Apabila Pengunjung blog anda makin membludak, ada baiknya segera buat forum.. Agar pembaca anda bisa saling bertemu dan saling ngobrol.. Boleh anda langsung yang mengurusinya, tapi Juka ada pembaca anda yang mau menanganinya akan lebih baik..

Email Newsletter
Sering-seringlah untuk mengirimkan email newsletter kepada pengunjung setia blog anda karena hal itu sepertinya bisa memperkokoh ketenaran blog anda, buatlah contact form di blog anda, dengan begitu anda bisa mengantongi alamat email pengunjung blog anda.. Contohnya seperti yang ada di sini, saya menyediakan sarana contact form pendaftaran member metodekaya agar pengunjung blog metodekaya bisa mengetahui postingan terbaru dari email yang saya berikan dengan bonus ebook setiap minggunya..
Terus.. Bagaimana cara membuat contact form di blog anda? Nantikan new ebook metodekaya dengan judul “Panduan Membuat Contact Form di Blog” dengan mendaftar gratis menjadi member metodekaya yang form-nya saya letakkan di sidebar blog ini..

Market baru
Apabila menurut anda blog anda sudah terhitung sukses, boleh anda coba bikin blog baru dengan topik yang berbeda dengan sebelumnya.. Dan jangan lupa, hubungkan dengan blog anda yang sudah sukses tersebut.. Siapa tahu kesuksesan menular ke blog baru anda!

Penulis Dari Blog lain
Kalau anda makin sibuk dan kewalahan mengurusi blog anda, tak ada salahnya cari guest writer untuk blog anda. Ada saatnya anda tak harus mengurusi seluruh pekerjaan anda sendirian.. Setiap sesuatu pasti ada batasnya.. Mencari penulis yang bagus akan sangat membantu anda.. Tapi jangan lupa untuk tetap mengontrol dan mengarahkannya.. Agar hasilnya bisa seperti yang anda harapkan.. Faham kan..?

Video
Era visualisasi seperti sekarang membuat orang lebih suka menonton daripada membaca.. dan itu telah menjadi fenomena di tengah-tengah masyarakat kita.. Dan Anda juga bisa ikut meramaikannya dengan membuat video mengenai hal yang terkait dengan topik blog anda.. Anda bisa memanfaatkan situs web video sosial seperti Youtube dan Metacafe untuk mempromosikannya.

Bagaimana..? Sudah Faham? Sesungguhnya masih banyak hal yang bisa anda lakukan untuk INOVASI blog anda.. Tapi ngomong-ngomong, anda sudah pernah coba langkah-langkah kecil di atas?
Oke.. Saya hanya bisa menyebutkan yang di atas saja.. Namun, pada intinya jangan pernah ragu untuk mencoba hal baru, berkreasi dan berinovasi.. Supaya traffic anda berkembang pesat dan semakin kuat bahkan om Google pun bisa mendeteksi keberadaan blog anda..
Terakhir dari saya.. Bukan cuma soal mengisi content bagus yang penting, tapi berinovasi menjadi jauh lebih penting, guna memberi warna baru dalam blog anda.. Lihat hal-hal kecil di sekitar anda, mungkin ada yang bisa anda terapkan untuk inovasi blog anda.. Semoga langkah-langkah kecil di atas membantu anda.. atau anda ada komentar atau masukan buat saya dan para pengunjung blog ini..?

8 komentar:

  1. Woow.. artikel bru y bos? sepertinx neh artikel cocok bwangd bwt aq. aq emanx lg nyari' cara yg kyk gitu.
    Makacih y!

    BalasHapus
  2. gak salah deh kalo OPa da nungguin artikel2 dari mas...
    sangat membuat kita terinspirasi buat maju...
    membakar semangat...
    Keren mas...
    Salut dah.
    dua Jempol buat mas nih....

    BalasHapus
  3. all the best... :)

    5 star :thumbsup:

    BalasHapus
  4. mantap bos....

    BalasHapus
  5. Bravooooo buat arief yg guanteng!
    gw bru tau kalo anak TH pinter blogging jg,malah bisa jd tutornx blogger,coz dr dlu ngomongnx tentang agama mulu.

    kunjungin web gw y! ntar ajarin gmn caranx ngolah blog.

    Nice and succes 4 my friend yg cakep abieez!!

    BalasHapus
  6. Sorry Baru Bisa balas semuanya..
    Ow y.. maaf sebelumnya saya baru bisa menampilkan foto saya.. abiis dr kmrn saat pertama launching blog ini g' sempat trus..
    Juga buat temen2.. Di sini yg penting bukan artikelnya,tapi hati kita jauh lebih penting, apakah kita sudah berani mencoba..? Kalo kita berpikir bisa, kita pasti bisa..

    BalasHapus
  7. klu zie blognya rame tapi ga ngaruh ke traffic kali mas alias ga bisa didolarkan spt temen2 hbsnya ga ngerti caranya...mau ngajarin nda..bacaan dr blog tmn2 sih byk tp males praktekinnya hbsnya dah capek....can u help me?

    tp niat awal zie ngeblog hanya ingin punya banyak temen , tambah ilmu sih

    BalasHapus
  8. Topik Blog. itu tuh yang paling susah mikirinnya

    BalasHapus