Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






28/11/08

Jadikan Blog sebagai Pundi Penghasilan Tambahan Anda..

Oleh: M Miftahul Arifin Hasan

Dunia kita adalah sesuatu yang kita pikirkan dan kita lihat dengan mata hati kita, kalau kita berpikir dunia itu sempit, maka kehidupan kita akan sempit..namun sebaliknya jika kita berpikir dunia itu luas maka dalam kehidupan akan selalu menemukan sesuatu yang baru dengan ide tiada henti..
Kita tahu bahwa dunia internet itu sangat luas bahkan nyaris tanpa batas. Banyak hal yang sepertinya tak mungkin terjadi di dunia nyata, tapi nyatanya bisa terjadi di dunia maya..
Anda pasti tahu, dulu sebelum internet lahir, banyak orang yang hanya ingin bertahan hidup saja harus benar-benar menguras keringatnya untuk bekerja. Dari pagi sampai sore bahkan terkadang lembur di malam hari, mereka harus bergelut dengan pekerjaannya walaupun terkadang hasilnya tidak sepadan dengan kerjanya..

Tapi sekarang, sejak internet lahir, sudah tidak terhitung lagi berapa banyak orang di atas bumi ini yang tidak hanya bekerja gara-gara kemajuan teknologi ini, tapi juga bisa kaya mendadak tanpa harus mengeluarkan keringat. Tidak sedikit para netter handal yang hanya tinggal memainkan mouse dan duduk santai di depan komputernya sudah bisa membuat uang mengalir sendiri ke kantongnya. Yah.. seperti itu kenyataannya sekarang, banyak yang mengais rejeki dari internet.
Ups.. Maaf kalo pendahuluannya sampe ke mana-mana, intinya saya hanya mau bilang bahwa kesempatan sukses lewat dunia internet itu selalu terbuka lebar. Tinggal anda mau masuk menggelutinya atau diam di tempat tanpa mencari satu ide-pun untuk mencobanya.
Tapi…Well.. Pilihan sepenuhnya ada pada anda!
Baiklah.. Sekarang saya hanya akan menyebutkan jalan apa saja yang bisa ditempuh untuk menghasilkan uang dari dunia internet. Seperti yang saya kutip dari penjelasan Joko Susilo tentang Internet Marketing bahwa ada berbagai macam ide dan cara yang nantinya akan bisa menjadi penghasilan tambahan kantong anda.

Iklan
Mungkin hal ini yang paling paling sering digunakan banyak orang. Faktanya, tidak sedikit Blogger Indonesia yang sudah meraup untung jutaan rupiah perbulannya. Program iklan yang paling banyak dipakai seperti Google Adsense, WidgetBucks, dan Text Link Ads.. Atau anda bisa mengikuti program PTC (paid to clic), PTR (paid to read) dan PTS (paid to surfing) yang kesemuanya anda hanya dituntut mengakses iklan yang dipasang anda sudah bisa mendapatkan rupiah atau bahkan dolar.. hebat kan..? Yaah.. Karena gratis gitu..
Caranya tinggal anda letakkan widget/URL situs tersebut di sidebar blog anda.. maka besar kemungkinan akan ada orang yang mengaksesnya..

Affiliate Program
Mungkin yang lebih canggih lagi adalah cara ini.. Banyak sekali affiliate program yang bisa anda ikuti. Misalnya seperti salah satu affiliate program Indonesia yaitu FormulaBisnis yang terbukti sudah membantu ribuan orang lepas dari kemelaratan.. Atau affiliate program luar negeri yang cukup terkenal seperti Clickbank, Linkshare, Commission Junction, dan Amazon.

Iklan Add
Lewat cara ini, anda juga bisa menambah pundi-pundi penghasilan anda lewat Iklan Add di blog anda. Maksudnya, jika ada perusahaan atau lembaga yang tertarik berpromosi lewat blog anda, maka anda bisa langsung bertransaksi dengan mereka tanpa perantara. Atau anda pun bisa jemput bola dengan menawarkannya kepada mereka.
Tapi tunggu dulu, tentunya mereka tidak mau asal pasang iklan, mereka juga akan melihat apakah blog anda sudah terkenal dan trafficnya tinggi..? Apakah pengunjung blog anda sesuai dengan target market perusahaan mereka..? Dan apakah citra blog anda tidak menganggu citra perusahaan mereka..?

Blog network
Bergabung dengan blog network juga bisa menambah penghasilan anda.. Biasanya blog network yang anda ikuti juga akan membagikan penghasilan dari iklan yang diperoleh.

Menjual Blog
Dengan cara ini mungkin anda bisa buat blog dengan tujuan untuk dijual kembali. Jika blog anda mempunyai traffic tinggi biasanya banyak yang tertarik untuk membelinya.. Di luar negeri, hal ini sudah biasa terjadi.. Jadi anda tinggal buat blog, kemudian menjualnya dengan harga tinggi, kemudian anda tinggal buat blog baru untuk dikembangkan lagi dan dijual lagi..

Blog Merchandise
Jika blog anda sudah memiliki banyak penggemar atau bertraffic tinggi, anda bisa meraup lebih banyak uang dengan menjual merchandise yang bertuliskan blog anda.. Misal bentuknya berupa Topi, Kaos, Mug, atau Kalender.

Konsultan Blog
Anda juga bisa menjadi konsultan blog seperti menjadi konsultan bagi orang-orang yang berniat membuat blog.. Atau konsultan apa saja tergantung kemampuan anda..Anda bisa pasang tarif untuk setiap konsultasi. Di luar negeri, profesi konsultan blog ini sudah berkembang pesat. Dan di negeri kita, profesi ini sudah mulai menggeliat. Dengan mulai tumbuhnya blog korporat, Anda pun bisa mencari situs perusahaan-perusahan sebagai calon klien anda.

Seminar
Anda bisa mengadakan seminar online di blog anda. Tentang tema tergantung kemampuan anda atau tergantung blog yang anda punya.. jika latarbelakang anda seorang Psikolog maka anda bisa mengadakan Seminar Psikologi

Bisnis Menulis Blog
Karena isi blog kebanyakan berupa tulisan/artikel, maka dengan ini bisa anda juga menjadikannya peluang sumber penghasilan.. Anda bisa tawarkan diri untuk mengisi blog-blog orang lain..

Bagaimana..? Sangat banyak kan sumber penghasilan yang bisa anda buat dengan blog anda..? Prinsipnya jangan pernah berhenti untuk mencari ide dan mengembangkannya menjadi sumber penghasilan anda..
Jika anda mau mencobanya, maka dengan kreativitas dan kesungguhan anda, anda pasti bisa menemukan sumber penghasilan baru yang tak terduga dengan resiko kegagalan usaha yang sangat kecil.. karena mencari penghasilan di dunia internet tidak membutuhkan modal yang banyak layaknya membuka usaha di dunia nyata..

Sekarang tergantung dengan anda.. Anda mau mencobanya..? Atau ada yang mau menambahkan macam sumber penghasilan dari internet di atas..?
Oke.. Sukses buat anda..

9 komentar:

  1. Wew Rada berat Tuh TIps yang tentang ngadaain Seminar, gimana Tuh Caranya mas?

    BalasHapus
  2. Caranya Mudah.. Anda Tinggal Memasang Link Studio Online, Untuk mengetahui situsnya anda tinggal Searc google dengan kata kunci "Studio Online" atau "Widget Studio Online"..
    Trus anda pasang di Page blog anda, kemudian informasikan pada pengunjung kapan seminarnya.. Untuk pembicara nantinya tinggal pake Microphone yang tersambung dengan komputer trus di link ke Studio Online yang anda punya..
    Untuk Cara pasang and mendapatkan widgetnya anda bisa dapatkan di situs penyedia layanan syudio online tersebut..
    Bagaimana..? Selamat Mencoba.. Anda Pasti Bisa.. Sukses..

    BalasHapus
  3. Yess! Saya mau coba. doanya mas

    BalasHapus
  4. Sepertinya laNgkaH-lAngKah yang diberikn mas bakaln jd awal pergumulan blogger indonesia untuk meraup sukses di internet neh.
    Ayo sp yg brani mencoba cara di atas?
    If we think can, we'll can
    If we think can't, we'll can't
    Bravo metodekaya!

    BalasHapus
  5. mas! setelah baca artikel diatas kayaknx aye mau jd orang sukses neh. hi.hi.
    aye stuju ma pendapat JAY kalau qt berfikir bsa so pasti qt bsa.
    Good Metodekaya
    thank's uda bri solusi buat qt

    BalasHapus
  6. nice methode
    Two thumbs up 4 abang metode kaya and succes 4 all

    BalasHapus
  7. kunjungan pagi hari bangget...
    waaah boleh tuh postingnya....
    good luck ya,,....

    BalasHapus
  8. keren keren bro ... bagus ilmu ini dibagi ke sahabat-sahabat blogger semua biar waktunya utk berlama-lama inet untung juga ... selain untung ilmu tentunya ... walau zie ga ngerti2 nih belajar bisnis online padahal dah coba belajar ... maybe memang hrs byk belajar lagi ya

    BalasHapus
  9. banyak cara ya...info yg bgs...

    BalasHapus