Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






23/11/08

Strategi Agar Situs Cepat Terindeks di Search Engine

Oleh: M Miftahul Arifin Hasan

Apa sich pentingnya situs kita kalau terindeks di Search Engine..?
Mungkin bagi pemula pertanyaan seperti di atas akan terucap di saat membaca artikel ini, apakah itu anda..? atau mungkin bagi anda yang sudah tahu akan
Oke.. Perlu anda ketahui bahwa pesatnya traffick atau pengunjung di situs anda tergantung diri anda.. Apakah anda sudah habis-habisan mempromosikan situs anda? Kalau belum teruslah berusaha.. Karena pengunjung tidak akan datang begitu saja tanpa bantuan dari anda sendiri yang membimbing mereka untuk mengunjungi situs anda..

Menindaklanjuti artikel saya sebelumnya yang menjelaskan “6 Langkah Menjadikan Situs Anda Cepat Terkenal” dan sesuai penjelasan di atas bahwa dengan cepat terindek di Google akan menjadikan situs kita sering terlacak pencarian para netter..

Namun saya sarankan, bahwa semuanya tergantung diri anda, karena strategi ini menjamin bahwa situs kita akan lebih cepat terindeks, akan tetapi bisa anda coba dan sudah saya buktikan menurut pengalaman saya..

Mendaftar Di Google atau Search Engine Lainnya
Sangat disarankan sebelum anda menjalankan strategi selanjutnya untuk mendaftar terlebih dahulu di Search Engine..
Tapi ingat..!! bmenurut pengalaman saya, situs kita tidaklah langsung terindeks pada mesin pencari google, akan tetapi bisa memakan waktu bahkan bisa sampai 3-4 minggu bahkan apabila bernasib kurang baik bisa sampai 8 minggu barulah situs kita terindeks pada mesin pencarinya.

Percantik Isi Situs Anda
Kenapa pengaturan ulang situs juga saya sarankan..? Karena sangat mungkin terindeks di search engine karena meningkatnya traffick di situs anda.. Sedangkan hampir bisa dikatakan bahwa 99% meningkatnya pengunjung dikarenakan tata letak dan pengaturan situs anda sangat rapid an enak dipandang mata.. Untuk langkah-langkah meningkatkan traffick anda bisa baca di sini.

Tukar Link di Situs Yang Mempunyai Page Rank Tinggi
Apabila situs anda di-link oleh situs yang mempunyai page rank tinggi akan meningkatkan kemungkinan pengunjung situs tersebut akan melirik link situs anda dan mengunjunginya.. Biasanya situs-situs yang mempunyai page rank tinggi tersebut adalah situs terkenal, Misalnya situs/blog jokosusilo.com, fatihsyuhud.com, situsspot.com dan masih banyak lagi situs-situs lainnya..
Trus bagaimana caranya..? Rata-rata situs terkenal tersebut meletakkan kode link/banner di sidebar situsnya.. anda tinggal copy kemudian paste di page/sidebar anda lalu anda konfirmasikan kepada pemilik situs yang bersangkutan bahwa anda telah meletakkan link situsnya di situs anda serta mintalah link situs anda juga terpasang di situsnya.. Permintaan untuk di linkback bisa di ajukan pada buku tamu (shoutbox) atau bisa juga melalui komentar pada postingan atau jika ingin lebih pribadi kirim melalui email apabila mereka menampilkan alamat email-nya. Namun apabila dalam waktu tiga hari link situs anda belum juga terpasang di situs mereka, konfirmasikan kembali, karena situs terkenal seperti itu dalam sehari tidak hanya satu atau dua situs saja yang pasang link situs mereka, maka wajar saja apabila ada satu atau dua situs yang terlewatkan untuk juga dipasang di situsnya.

Sesuaikan tag meta dengan kondisi/isi situs anda
Kemudian ada satu lagi cara agar situs kita dapat terditeksi oleh search engine yaitu dengan menyesuaikan tag meta di bagian header situs anda yang terletak pada kode template situs. Anda tinggal buka dasbor kemudian buka menu template, nantinya akan ada kode khusus tag meta, anda ganti tulisan-tulisan yang berwarna merah dengan beberapa keyword yang berkaitan dengan isi situs anda. Misalnya apabila situs anda berisi tentang wacana/berita perpolitikan di tanah air maka anda bisa isi dengan kata-kata "wacana politik Indonesia, artikel politik, berita politik".
Ingat..!! Jangan lupa untuk memasang tanda koma apabila anda memasukkan kata-kata yang banyak guna untuk memisahkan antara keyword yang satu dengan keyword yang lainnya.
Sudah jelas..? atau masih bingung..?
Oke.. Khusus buat member metodekaya.com nantikan pengiriman mini ebook saya dengan judul “Panduan Mengatur Tataletak Header dan Sidebar Situs”..

Terakhir dari saya.. Apakah situs anda sudah terindeks oleh search engine? Oke.. Coba anda tuliskan alamat atau titel situs anda pada search engine seperti google atau yahoo, apakah sudah terditeksi..?
Oke.. Silahkan coba dan buktikan..

4 komentar:

  1. ino yang sangat berguna bro, thanks ya

    BalasHapus
  2. Waahhh.. bagus infonya... happy blogging...

    BalasHapus
  3. engngng.. sip juga ya.. wish u luck..

    BalasHapus
  4. kunjungi aku ya mas! saya pengen blog saya dikomentari ama mas. please y mas!

    BalasHapus