Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






29/12/08

Bagaimana Cara Menulis Content yang Menarik..?

Oleh: M Miftahul Arifin Hasan

Banyak orang mengatakan bahwa "kesuksesan blog tergantung pada content-nya", Dan menurut saya hal itu sangat benar, karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kesuksesan sebuah blog adalah dengan banyaknya pengunjung dan tingginya traffic yang didapatkan, maka dari itu, menurut saya setelah melihat beberapa blog sukses, karena content yang menarik.
Namun, biasanya blogger pemula banyak yang merasa kesulitan mengisi content blog. Banyak juga yang merasa tidak bisa menulis content yang menarik.. Seperti saya gitu.. saat awal nge-blog selalu merasa ada yang kurang dengan tulisan saya. Selalu muncul pertanyaan “Apa akan ada banyak orang yang tertarik dengan tulisan saya?
Tapi, setelah beberapa waktu berpetualang di dunia Blogger akhirnya saya bisa menyimpulkan bagaimana cara menulis content yang menarik..
Bagaimana? Anda mau tahu kiat menulis content yang menarik agar pengunjung betah berlama-lama di blog anda..?
Oke.. mari kita bahas bersama-sama.. berikut kiat-kitanya:


Tulislah dengan tulus
Jika anda menulis dengan tulus tanpa ada perasaan terpaksa saya yakin semuanya akan berjalan mulus.. Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari kata-kata.. Mengalir saja, tulis semua yang ingin anda tulis. Blog yang bagus itu biasanya punya content asli dan ditulis sepenuh hati.. Jadi, anda bisa menulis apa saja yang anda sukai agar jiwa anda terasa masuk dalam tulisan. Selain itu, tulisan anda tidak terkesan dipaksakan.. Ya kaan?

Tulislah sesuatu yang bisa bermanfaat
Blog yang sukses mengerti apa yang disukai para pembacanya.. Semua orang yang mengakses blog seperti ini tidak akan pergi dengan tangan hampa.. Mereka punya hal baru yang bermanfaat dan setiap pengunjung bisa menerapkan manfaat ini untuk kepentingan mereka. Jadi, kita harus menulis sesuatu yang berguna untuk orang lain. Berikan informasi yang anda punya untuk semua pengunjung. Agar, pengunjung tidak merasa sia-sia telah datang ke blog anda..

Carilah solusi untuk masalah orang lain
Pertama kali sebelum mencoba memecahkan masalah orang lain, anda mesti tahu betul siapa saja pembaca anda.. Jadi anda bisa menganalisis kesulitan apa saja yang biasanya mereka hadapi.. Jika pembaca blog anda adalah para peminat masakan, tulislah solusi tentang susahnya membuat masakan khas china.. Nah, selanjutnya anda bisa membantu mereka menemukan solusi yang tepat untuk masalah itu.
Tapi jika anda belum punya pembaca (biasanya dialami blogger baru) anda bisa membaca blog lain yang punya target pembaca yang sama dengan anda dulu. Sebut saja ini blog reference anda. Jika anda benar-benar blank tidak punya ide untuk menawarkan solusi pada pengunjung. Coba saja pelajari masalah-masalah yang biasa diutarakan pengunjung blog reference anda. Biasanya di bagian komentar pengunjung suka mencurahkan masalah-masalah mereka. Kemudian anda tulis pemecahan masalah mereka itu menurut versi anda sendiri..Faham kan..?

Jangan cuma menulis tentang diri sendiri
Jika anda terlalu banyak menulis tentang diri anda, nanti malah banyak pengunjung yang tidak suka.. Mereka akan mengira anda bikin blog hanya karena ingin pamer atau hanya sebagai tempat curhat semata.. Gawat bukan? Apa anda pernah menemui blog yang isinya seperti buku harian? Saya kira banyak juga ya jumlahnya.. Dan sepertinya model blog curhat seperti ini tidak banyak disukai pengunjung.. Kecuali kalau isi tulisan mereka mengandung banyak informasi yang berguna buat pengunjung. Bukan cuma menulis kegiatan harian seperti menulis di buku diary saja..
Nah, jadi apa yang mesti anda ingat agar blog anda tidak seperti buku harian? Anda sebaiknya mengingatkan diri anda kalau anda menulis di blog bukan hanya ditujukan untuk diri anda sendiri.. Tapi anda juga menulis untuk banyak pengunjung di seluruh penjuru dunia. Berbagi apa yang anda alami tapi juga bagikan apa yang dipelajari dari pengalaman itu ke banyak orang. Jangan melulu membicarakan diri anda sendiri.

Buatlah headline (judul) yang memikat
Headline atau judul tulisan mungkin juga jadi salah satu faktor penentu banyak tidaknya pengunjung yang tertarik dengan blog anda. Kenapa? Ya karena siapaun yang ingin join di blog pasti membaca judul tulisan anda dulu. Betapapun menariknya content anda kalau judulnya tidak menawan hati pengunjung, sia-sia saja kan..?
So.. Untuk membuat judul tulisan yang mematikan, anda bisa belajar dari blog lain.. Perhatikan saja judul-judul yang ada di blog-blog terkenal. Pelajari apa yang membuat judul itu bisa memikat anda.. Lalu silakan meniru model judul yang membuat anda terpikat ini. Apa mereka banyak memakai kalimat tanya, memakai judul how to, memakai kalimat imperatif atau malah judulnya singkat seperti headline koran? Anda boleh meniru model yang anda sukai. Yang penting teruslah belajar..

Fokuslah pada tujuan anda
Jangan merepotkan diri anda dengan hal-hal yang tidak memberi manfaat banyak untuk traffic blog anda. Misal, anda terlalu asyik mencari gambar yang sempurna untuk blog anda. Atau terlalu lama mendesain layout dan mengutak-atik format halamannya. Tentukan hal apa yang paling esensial untuk blog anda? Dan fokus pada hal yang penting ini saja. Jangan buang waktu anda dengan aktivitas yang membuat anda terlena. Kalau bagi saya sendiri menulis content dan berinteraksi dengan pembaca itu dua hal yang lebih penting dari apapun. Minimalkan saja aktivitas yang tidak berkaitan dengan dua hal ini..

Bagaimana? Sudah puas? Atau anda mau menambah kiat-kiat di atas..? Atau anda merasa content anda masih belum cukup menarik dan inovatif?
Oke.. sebelum menutup tulisan ini.. ada hal yang perlu anda ingat, bahwa bagus tidaknya content itu ditentukan pembaca, bukan anda..
Nah, sekarang apa anda masih merasa kesulitan menulis content yang menarik? Kalau jawabannya iya, mari kita bahas bersama. Mari kita berbagi di sini. Saya tunggu yah..

5 komentar:

  1. Nice advice bro...oiya ada AWARD untukmu bro..btw met tahun baru ya semoga Alloh mengampuni segala khilaf kita dan semoga next year segalanya lebih baik

    BalasHapus
  2. Ada Award untukmu bro sebagai hadiah tahun baru

    BalasHapus
  3. Tipsnya menyentuh karena berasal dari hati. sip bin mantap, sukses

    BalasHapus
  4. Iya nih, kayak contentnya metodekaya.blogspot.com

    Jadi bagus deh blognya, karena pengunjung menginginkan infirmasi yang berguna bagi dirinya bukan? Nice post mas

    Tapi
    Blog saya belum bisa kebuka sampe sekarang T_T

    BalasHapus
  5. This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

    BalasHapus