Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






15/12/08

Seperti Apa Topik Blog Yang Menarik..?

Oleh: M Miftahul Arifin Hasan

Setelah seminggu absen dari dunia blogger (Maklum.. Lagi liburan kampus gt loch..) Akhirnya kembali lagi deech..
Ow ya.. Menanggapi komentar dari saudara Nanang pada tema sebelumnya yang berjudul “Bagaimana Menjadikan Blog Yang Inovatif?” tentang bagaimana jika kita susah memilih topik untuk menjadikan blog yang inovatif.. Maka pada tema ini saya akan coba membahasnya, semoga bisa sedikit membantu..
Oke.. Seperti yang telah saya bahas pada tema “Bagaimana Menjadikan Blog Yang Inovatif?” bahwa Topik atau Tema Blog bisa menentukan kesuksesan blog yang kita kelola.. Sebab dari situlah pengunjung memutuskan untuk mampir atau tidak di blog kita..
Maka, jika topik tak sesuai yang diharapkan, pengunjung akan langsung pergi mencari blog lain.. Tapi kalau topiknya cocok, pengunjung akan betah dan akan melakukan kunjungan rutin setiap harinya..
Terus.. Topik apa yang seharusnya dipilih..?

Pasti ini yang ingin anda tanyakan.. Ya kan..? Wajar kok..! Pertanyaan ini sering sekali ditanyakan terutama oleh new blogger (seperti saya juga).. Dan tidak ada yang salah dengan pertanyaan itu, karena memang inilah keputusan pertama yang akan menentukan keberhasilan blog anda.. Percuma saja kita sudah melangkah ratusan kilometer, jika ternyata jalur yang kita pilih keliru.. Tujuan kita tidak akan pernah tercapai!
Mungkin kesalahan umum yang sering dilakukan ketika memilih topik blog bisa saja seperti ini:

Jangan Ikut-ikutan
Biasanya kebanyakan blogger pemula suka ngikut, mereka suka memilih topik blog hanya karena melihat blog lain sukses dengan topik tersebut, seperti pengalaman saya yang beberapa waktu lalu sempat mempunyai blog tutorial dengan tema yang sama dengan blog lain yang lebih sukses, namun setelah beberapa waktu tidak bisa meningkatkan rank traffic blog akhirnya gulung tikar juga.. (Tapi ga’ papa.. Bisa jadi pelajaran gitu..)
Setelah saya pikirkan lebih dalam lagi ternyata memang tidak dosa jika meniru topik blog yang sudah ada, tapi hal itu juga menunjukkan sejauh mana anda serius menggeluti blog anda.. Dengan meniru seperti itu hanya akan membuat anda selalu menjadi nomer dua.. Karena begitu anda meniru suatu blog, blog yang anda tiru sudah melangkah lebih jauh.. Sekarang buka pikiran dan seriuslah mencoba..! Di dunia maya sangat banyak hal yang bisa dieksplorasi.. Jangan cuma terpancing dengan tema-tema blog yang sudah ada.. Cari sesuatu yang baru, yang fresh, yang membuat penduduk dunia maya berkata, ”oh, it’s new information and new great topic!”

Hanya anda yang suka tapi orang lain tidak begitu minat
Mungkin ini juga termasuk kesalahan yang sering dilakukan.. Bermaksud ingin tampil beda, namun malah blog anda menderita.. Perlu juga diperhatikan berapa banyak orang yang tertarik dengan topik blog yang anda pilih..
Ingat..! Banyak sedikitnya pengunjung searah dengan kesuksesan yang ingin anda capai..
Untuk mengetahui topik apa yang saat ini sedang diminati banyak orang, anda bisa search google dengan keyword “Pemilu” setelah itu anda bisa membuat topik yang bersumber dari hal tersebut.. Semisal anda bisa membuat topik seperti “Pemilu” dengan konsentrasi “blog yang menampung para blogger untuk menyampaikan aspirasi”..

Anda Sendiri Tidak Paham
Ingat..! Jangan sekali-kali memilih topik blog yang tidak anda pahami sama sekali.. Karena selain bisa membuat anda tersesat, juga sangat mungkin membuat banyak orang lain ikut tersesat.. Sehingga karir anda sebagai blogger akan habis tanpa pernah mencicipi kesuksesan yang anda inginkan..!

Tidak Fokus
Jangan sekali-kali memilih topik yang sangat luas alias tidak fokus karena hal tersebut bisa membuat pengunjung bingung dengan blog anda.. Bukannya mendapatkan pencerahan dari blog anda malah membuat mereka tambah bingung..
Sebaiknya, pilih topik yang fokus.. Meskipun memiliki ketertarikan terhadap beberapa bidang, usahakan topic dengan bidang yang masih berkaitan.. Karena pasti tidak nyambung kan kalau topik blog anda tentang dunia musik dan es lilin…? Ya kan..?

Tapi.. Kalau masih bingung dan tidak punya ide sama sama sekali tentang topik blog yang akan dipilih, terus bagaimana?
Kalau memang masih bingung, mungkin hal ini bisa membantu.. Coba tanyakan pada diri sendiri dan tulis pada secarik kertas.. “Apa hobi anda?” “Apa yang anda minati atau suka?” “Apa saja pengalaman anda?” “Apa yang anda pelajari selama ini?” Atau “Keahlian apa yang paling membanggakan dari diri anda?”
Kemudian dari sekian deretan topik yang sudah ditulis, tentukan topik blog anda.

Perhatikan dan ingat, jangan sampai kesalahan-kesalahan pemilihan topik di atas terjadi pada anda..
Biasanya sih kebanyakan blogger memilih topik yang disuka, karena lebih mudah untuk memulai ngeblog. Namun yang penting, anda konsisten mengelola blog anda dan mencoba menghadirkan traffic yang tinggi ke blog anda, anda pasti berhasil..
Kenapa?
Karena kalau tidak konsisten, sebulan dua bulan mungkin anda sudah bosan dengan blog anda. Jelas waktu satu dua bulan tersebut menjadi terbuang percuma. Selain juga duit anda lenyap tanpa hasil buat internetan.. Ya kan..?
Memang lebih mudah makan rambutan ketimbang mendatangkan traffic.. Tapi traffic yang tinggi sangat mungkin terwujud.. Namun, itupun tetap tergantung anda dan seperti apa topik blog anda di mata pengunjung..
Anda masih bingung memilih topik gara-gara banyak hal yang disuka?
Mungkin alangkah baiknya anda pilih satu lalu kemudian Seriusi dan Tekuni.. Curahkan perhatian pada satu bidang tersebut. Kalau anda tidak segera putuskan, anda tidak akan pernah tahu topik yang anda tetapkan itu disukai pengunjung atau tidak..
Hal lain juga bisa diperhatikan dengan menulis dan melihat bagaimana respon pengunjung.. Selanjutnya, anda boleh melakukan penyesuaian. Kira-kira apa yang kurang dari topik yang anda pilih.. Perlu disempitkan lagi atau justru diperluas..? Atau mungkin soal isi blog..? Oke.. untuk hal ini kita bahas lain kali..

Selain itu, tetapkan target terhadap blog anda.. Dua atau tiga bulan waktu yang cukup baik untuk melakukan evaluasi.. Bila dalam waktu itu, blog anda bisa menghasilkan seperti target yang anda harapkan, anda boleh lanjutkan.. Tapi jika tidak, jangan ragu untuk berubah dan mencoba.. Ganti topik blog anda, karena mungkin topik blog anda pasaran? Atau mungkin sedikit orang yang tertarik dengan topik yang anda tulis?
Selain ganti topik, alternatif lainnya anda bisa buat blog baru.. Namun konsekuensinya anda harus mau kehilangan hasil kerja keras anda selama tiga bulan.. Tapi tidak mengapa. Jika menurut anda itu yang terbaik untuk kelangsungan karier anda di dunia para blogger.
Bagaimana? Sudah paham? Atau masih ada yang mau dipertanyakan?
Oke.. Coba dulu langkah-langkah di atas.. Sukses Buat Anda..!!

4 komentar:

  1. mau diajarin praktek supaya blognya ngasilin dollar dong mas miftahul he3 hbsnya adsense zie ga ngerti bgt english kmdn pasang alexa OK sih tp ga bisa ngasilin dollar .. baca diblog tmn males pdhl yg ngajarin byk ya...awalnya sih ga peduili dpt uang or ga krn cuma buat hobby & share aj tp byk tmn yg kasih saran sayang katanya kan lumayan buat jajan hehehe

    BalasHapus
  2. Baik mba' zie.. Ntar kita coba pecahkan bersama ya.. bersatu kita teguh and bercerai kita runtuh..

    BalasHapus
  3. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    BalasHapus