Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






18/12/08

3 Langkah Mengelola Blog Bagi Anda Yang Ada Di Warnet

Oleh: M Miftahul Arifin Hasan

Artikel ini dibuat guna untuk menyelesaikan problem anda dengan menindaklanjuti komentar mas Fahriza pada tema yang berjudul “Posting Efektif Yang Bisa Mendongkrak Popularitas Blog Anda” yang mencoba memecahkan dan mencari solusi jika kita merasa kesulitan untuk posting secara rutin dan teratur terkendala jika kita tidak punya koneksi internet di rumah dan hanya mengandalakan warnet sebagai wahana berblogging ria.. (“untuk tanggapan atas komentar lainnya, mohon sabar ya.. tunggu aja postingan berikutnya..”)
Baik.. Mari kita pecahkan bersama permasalahan di atas..
Seperti yang sering saya katakan bahwa “banyak jalan menuju roma” dengan artian bahwa semua sesuatu pasti ada solusinya.. Begitu juga dengan hambatan atau kendala sebesar apapun yang anda hadapi dalam mengelola blog anda..

Jika anda merasa kerepotan maka anda akan benar-benar mengalaminya.. seperti tidak mempunyai koneksi internet di tempat tinggal anda yang sebenarnya bukanlah kendala yang terlalu besar, namun hal itu jika kita mempunyai solusi untuk menghadapinya..
Berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya terjun di dunia blog berawal dari warnet, ya karena waktu itu belum mempunyai koneksi internet sendiri.. awalnya memang merasa kerepotan karena harus mengurusnya dengan bolak balik ke warnet yang tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit..
Namun jangan khawatir dulu jika anda sekarang mengalaminya, mungkin pembahasan tema kali ini akan menjadi solusi bagi anda.. karena merujuk pada pengalaman sendiri yang setelah berjalan beberapa waktu akhirnya saya menemukan solusi efektif untuk mengelola blog di warnet.. Berikut langkah-langkahnya..

Tulis Postingan Di Rumah
Ya.. Karena hal tersebut hanya akan buang-buang waktu saja dengan sibuk menulis postingan di warnet yang tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit..
Terus bagaimana ya..?
Oke.. Mungkin anda bisa menulis postingan terlebih dahulu dengan komputer anda di rumah anda, karena hal tesebut akan membuat anda santai tanpa perlu dikejar waktu dalam menulis artikel yang akan anda posting karena memang PC anda tidak terkoneksi dengan internet..
Seperti yang saya tulis jelaskan pada tema sebelumnya bahwa anda bisa lebih efektif untuk mengelola blog anda dengan cara misalnya dengan posting artikel antara 3-4 hari sekali secara rutin.. Nah disaat waktu antara 3 sampai 4 hari tersebut anda bisa menulis artikel yang akan anda posting di rumah anda dengan santai.. sehingga anda setiap harinya pergi ke warnet sekedar menjawab komentar, blogwalking atau exchange link dengan blogger lain tanpa terganggu dengan kesibukan anda dalam menulis postingan..

Modifikasi Blog Dari Rumah
Dengan cara ini anda bisa lebih santai lagi, apalagi untuk inovasi blog anda, anda bisa memodifikasi tampilan blog seperti widget, efek atau bahkan template blog anda.. Saat mau berangkat ke warnet, bawalah fashdisk atau disk-disk lainnya dan anda bisa mengcopy code-code widget, efek dan tampilan-tampilan lainnya yang ada di blog yang ingin anda modifikasi.. kemudian anda bawa ke rumah anda dan paste kode tersebut di computer anda.. Setelah selesai anda tinggal ke warnet dan copy paste kode yang telah anda modifikasi..

Atur Kunjungan Ke Warnet
Mungkin ini adalah solusi untuk bisa lebih menghemat waktu dan biaya anda dengan mengatur kunjungan anda ke warnet..
Emang gimana caranya...? Ya anda bisa membuat jadwal setiap harinya kapan anda harus berkunjung, misalnya anda bisa berkunjung 10 kali sehari tapi dengan syarat durasi anda hanya 10 menit saja, kenapa? karena dengan begitu akan lebih efektif ketimbang hanya 3 kunjungan setiap harinya namun durasi waktu anda di warnet sangat lama.. sehingga pengunjung anda yang berkomentar atau ada kepentingan dengan anda seperti exchange link akan merasa bosan menunggu lama tanggapan anda…

Gimana udah faham kan..?
Ya mungkin langkah-langkah di atas bisa sedikit membantu anda keluar dari masalah atau kendala yang dialami bagi anda yang mengelola blog dari warnet..
Terakhir perlu diingat.. Bahwa seorang blogger sejati tidak akan pernah gentar menghadapi berbagai macam kendala yang menghadang.. Teruslah berkarir di dunia maya, anda pasti bisa..
Sudah siap mencoba? Ada Komentar? Atau anda ada solusi tambahan selain langkah di atas untuk membantu memecahkan masalah yang sedang dialami saudara kita sesama blogger..?

6 komentar:

  1. Emmm...Matep nih Tips nya..
    ;)
    opA mah alhamdulilah gak terkendala sama ygstu ini, alhmduliah pny net sendiri yang disewakan ke orang..
    ;))

    BalasHapus
  2. klu zie inet gratis di kantor dan mess 24 jam

    BalasHapus
  3. Makasih mas buat infonya. Menambah semangat saya buat ngeblog lagi. Thanks. Ada kejutan nanti dari saya ;)

    BalasHapus
  4. super sekali tipsnya

    BalasHapus
  5. dulu saya juga sempet bingung saat harus tiap hari ke warnet, selain menyita waktu juga duit yg ga sedikit. tapi alhamdulillah udah ada koneksi dirumha sendiri sehingga bisa sering2 OL (tapi bisanya klo malam hari) siang bisa pake internet kantor untuk sekedar blogwalking.

    BalasHapus
  6. Salam kenal, makasih tipsnya ya

    BalasHapus