Nantikan kehadiran New Mini Ebook Dari MetodeKaya.Com Pada Minggu Ini (Periode ke 05) Yang Berjudul "Panduan Membuat Content Menarik Di Blog...






13/01/09

5 Penyebab Blog Anda Sepi Pengunjung..

Oleh: M Miftahul Arifin Hasan

Setelah sekian lama saya nge-blog, mengapa Blog saya kok masih sepi begini ya..?” Mungkin itu adalah sekelumit pertanyaan yang seringkali muncul di benak para blogger pemula.. Terus apa penyebab uatama dari semua itu..
Mari kita bahas bersama kenapa terkadang Blog yang sudah capek-capek kita buat sampe ‘jungkir-balik’ masih tetap saja sepi pengunjung.. Apalagi komentar, ya pasti tidak akan nada sama sekali. Mungkin saja kalo sepi pengunjung hanya terkadang saja sih masih bisa terobati dengan adanya komentar dari para sahabat blogger yang pernah mengunjungi blog kita..
Tapi kalo udah pengunjung plus komentar pada sepi.. Waduh, hati si pembuat blog pasti sedih banget dan bisa-bisa putus asa (sambil nangis n mau ngelumat computer plus CPU-nya.. He.he.. Sorry, just kidding gitu loh..).

Sekarang yang perlu diketahui bahwa sebenarnya salah satu kenyataan di dunia Blogging adalah saling memberi dan menerima antara satu blogger dan blogger lainnya, baik itu soal informasi bisnis, keilmuan tertentu dan hal-hal lainnya.. Mungkin ada sedikit blogger yang berpendapat bahwa yang penting adalah iklan kita ada yang nge-Klik.. namun menurut saya hal itu mungkin bukan dunia Blogging tapi dunia Online Earning.. namun setidaknya ada juga blogger yang serius nge-Blog dan juga ikutan menaruh Adsense di blog-nya.. (Ssstt.. seperti di blog ini.. hi.hi..)

Back to topik..tentang hal apa saja yang menyebabkan blog sepi dari pengunjung.. Mari kita teliti bersama-sama..
Oke.. Mungkin saja menurut saya diantara hal yang bisa membuat blog sepi dari pengunjung bisa disebabkan hal ini:

Jumlah Artikel Yang Terlalu Sedikit.
Disini jelas sekali jika Blog anda hanya 1-3 artikel saja, so pasti keliatan banget kalo si empunya tidak niat untuk nge-Blog.. Tiap kali ada blogger lain yang berkunjung ke Blog anda, artikel yang tersedia ya hanya itu-itu saja, sehingga membuat mereka bosan dan malas untuk kembali ke Blog anda lagi.

Artikel Kurang Diminati Dan Tidak Solutif.
Seperti yang pernah saya bilanga bahwa “Content is the king” apalagi ditambahkan dengan bagaimana anda menggabungkan kemampuan SEO yang bermutu pasti dijamin pengunjung dan komentar akan penuh menjejali blog dan membuat anda semakin terkenal di dunia maya.. Tapi tunggu dulu, anda juga sebaiknya harus bisa memilih artikel tentang apa saja yang banyak diminati para pembaca di dunia maya. Jadi jangan asal nulis, karena sebaik apapun blog anda di Search Engine kalau artikel itu tidak pernah dicari pengunjung ya sama saja bohong.. Misalnya anda menulis artikel dengan topik “Membuat rumah di tengah pasar” dan di google anda berada di urutan no 1 dari 4 juta saingan. Lalu ada blogger lain ada yang menulis artikel dengan topik “Membuat Rumah Yang Artistik” tapi artikel tersebut hanya berada di urutan no 7 dari 1 juta saingan. Walaupun kayaknya anda layak disebut pakar SEO dengan menduduki ranking 1 dari juta saingan tapi saya berani bertaruh kalau masalah banyaknya pengunjung jelas yang menang adalah “membuat rumah yang artistik”. Kenapa begitu.. Karena dari artikel yang bermanfaat itulah para pengunjung bisa menemukan sebuah solusi.. Paham kan..?

Tidak punya teman Blogger.
Nah.. kalau yang ini so pasti jika seorang blogger tidak punya teman maka siapa yang mau berkunjung.. Setidaknya kalo anda punya teman and tidak ada pengunjung sekali pun, biasanya teman anda mau menyempatkan diri berkunjung dan mengisi komentar. Makanya kalo punya teman blogger kita wajib menjaganya..

Tidak ada Link.
Link itu senjata dari blog anda sendiri, makanya sediakan sarana saling bertukar link.. kenapa..? Ya karena dengan tukeran link dengan pe-blogger lainnya berarti setidaknya anda sudah mau berusaha menampakkan eksistensi anda di dunia maya…

Kurang Sabar.
Kebanyakan siih..para blogger kurang sabaran, kok tau..? ya karena saya juga pernah gitu.. Namun setelah dipikir lagi ternyata bersabar inilah yang selalu jadi pedang yang kuat dalam nge-Blog.. (Lagian kalau sabar tuh subur lho..) maka dari itu bersabarlah dan terus berusaha tuk maju lebih baik.. Saya jamin kalau anda terus berusaha nantinya akan menuai hasil juga..

Hmm.. Bagaimana..? Wes mudeng..? sorry ya hanya itu saja yang bisa saya contohkan dari beberapa penyebab sepinya pengunjung blog.. Mungkin masih banyak penyebab lainnya.. Dan itu pasti ada.. Mungkin anda punya pandangan lain tentang penyebab utama sepinya pengunjung blog….? Kalau iya.. Tolong ditambahkan di kotak komentar ya..


7 komentar:

  1. Terima kasih atas tipsnya sob.
    Mampir2 ke tempat aku sob, kita temenan meski cuma di web. Jangan lupa!!!

    Cheers, frizzy2008.

    BalasHapus
  2. Thanks tips-tipsnya... sekalian langsung praktek tipsnya.. salah satunya langsung blog ini saya pasang link di blog saya..

    BalasHapus
  3. Bagus tipsnya, jangan lupa mampir ke tempatku cess

    BalasHapus
  4. Thanks Untuk Infornya Mas salam sukses slalu

    BalasHapus
  5. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    BalasHapus
  6. Nice post, Critical things are explained in details. I appreciate it. Thanks

    BalasHapus
  7. Very interesting tips shared by you. I really like to read your blogs as they contains very important and informative content. I appreciate your efforts. Cheers.

    BalasHapus